Stimulasi Bayi 3 Bulan

Sebagai orang tua sudah barang tentu tugas anda untuk menyerahkan memberikan yang terbaik dalam proses tumbuh kembang buah hati tercinta. Agar kemampuan motorik bayi kita tumbuh dan berkembang secara optimal, kita perlu mengetahui tahap-tahap perkembangannya dan menyerahkan stimulasi bayi 3 bulan atau rangsangan yg tepat cocok tahap perkembangannya bayi Anda. Hal ini penting karena jika terjadi keterlambatan atau gangguan pada keterampilan motoriknya dapat segera terdeteksi dan dikoreksi. Apabila urusan ini tidak diacuhkan dan pertumbuhan motor bayi telah terlambat semenjak awal, maka keterlambatan tersebut akan merembet pada pertumbuhan motor lainnya.

Sejak bayi lahir, ia akan merasakan pertumbuhan dan perkembangan. Usia nol bulan sampai enam bulan adalahperiode yang dapat dikatakan cepat untuk perkembangan dan pertumbuhan bayi. kita pun butuh jeli dalam menyaksikan tumbuh kembang bayi, supaya bisa menyerahkan stimulasi bayi 3 bulan yang tepat. Bayi sudah dapat mengisap mengisap jempol, menggenggam tangan dengan gerakan refleks, mengusung kepalanya bila digendong seraya kepalanya disandarkan ke bahu, menggerakkan lengannya secara aktif, mulai dapat mengikuti obyek bergerak dengan pandangannya. Stimulasi dengan menyerahkan mainan yang dapat menerbitkan bunyi di depan matanya dengan jarak selama 25 cm. Gerakkan mainan tersebut supaya berbunyi dan gerakkan ke kanan dan kiri guna memberi peluang bayi mengekor gerakan dengan matanya.

Bayi umur ini telah mulai mengindikasikan kesenangannya terhadap warna, bentuk, keadaan terang dan benda-benda dengan sekian banyak ukuran. Bayi pun mampu menilik dan mengenal obyek yang diperlihatkan selama 2,5 detik, menunjukkan kemauan untuk minum ASi pada rentang masa-masa tertentu dan mulai dapat mengenali suara orangtuanya. Stimulasi bayi 3 bulan dengan mengerjakan kontak mata yang dapat dilakukan semenjak ia mulai dapat membuka matanya. Tatap dan pandanglah kedua matanya selama sejumlah saat. Bayi pun punya keterampilan untuk menilik wajah yang dilihatnya, bahkan semenjak ia kesatu kali membuka mata. Latih bayi agar otot-otot lehernya kuat. Letakkan bayi pada posisi telentang. Pegang kedua pergelangan tangan bayi, tarik bayi perlahan-lahan ke arah anda, hingga badan bayi terangkat ke posisi setengah duduk. Jika bayi belum dapat mengontrol kepalanya, jangan lakukan latihan ini. Tunggu sampai otot-otot leher bayi lebih kuat. Bantu bayi agar bisa duduk sendiri. Mula-mula bayi didudukkan di kursi dengan sandaran agar tidak jatuh kebelakang. Ketika bayi dalam posisi duduk, beri mainan kecil ditangannya. Jika bayi belum bisa duduk tegak, pegang badan bayi. Jika bayi bisa duduk tegak, dudukkan bayi di lantai yang beralaskan selimut, tanpa sandaran atau penyangga.

Bayi umur ini dapat memberi respon berupa senyum untuk raut wajah yang pun tersenyum kepadanya. Ia juga dapat merespon dengan senyuman ketika mendengar suara yang ia sukai. Tak melulu itu, bayi umur ini juga dapat menunjukkan reaksi positif bila merasa nyaman dan reaksi negatif bila merasa sakit. Untuk menciptakan ia merasa nyaman, ia bakal mengisap jempolnya. Stimulasi bayi 3 bulan dengan menyerahkan misal mimik wajah. Stimulasi ini dapat Anda kerjakan saat bayi si kecil telah mulai menerbitkan suara babbling atau mengindikasikan senyum sebagai respon untuk orang yang menyapanya. Anda dapat memberi misal mimik wajah dengan teknik menjulurkan lidah. Kegiatan ini bahkan telah dapat ditiru oleh bayi yang baru berusia 2 hari. Tunjukkan ragam bentuk mimik wajah pada bayi dan biarkan ia menyerahkan respon.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *