5 Tips Memilih Makanan Pendamping ASI untuk Bayi

Image result for 5 Tips Memilih Makanan Pendamping ASI untuk Bayi

Setelah bayi mengonsumsi ASI eksklusif selama 6 bulan, pada bulan ketujuh Anda dapat mulai memberikan makanan pendamping ASI untuk si kecil. Sebelum memberikan makanan tambahan untuk bayi Anda, berikut ini ada beberapa tips untuk memilih makanan pendamping ASI. Ini dia ulasannya.

  1. Awali dengan Makanan Semi Padat

Jika bayi sudah siap menerima asupan tambahan selain ASI, bayi Anda akan memberikan reaksi memajukan tubuh jika berdekatan dengan makanan. Ciri lain adalah pola makan bayi yang mulai berubah juga lebih sering lapar. Saat bayi Anda menunjukkan ciri-ciri di atas, maka ia sudah siap menerima asupan tambahan selain ASI.

Pada tahap awal konsumsi makanan pendamping ASI, ada baiknya Anda memulainya dengan memberikan makanan bertekstur semi padat seperti bubur. Anda bisa membuat bubur sendiri dengan mengukus sayuran dan nasi lalu menyaringnya. Jika tidak ingin repot, Anda dapat mencoba bubur bayi yang banyak di pasaran.

  1. Pastikan Makanan Tidak Memberikan Reaksi Alergi

Hal penting yang harus Anda perhatikan saat memberikan makanan pendamping ASI adalah memerhatikan reaksi alergi yang terjadi pada anak. Jika terjadi ruam-ruam merah atau gatal-gatal setelah mengkonsumsi makanan tertentu, bisa jadi bayi Anda alergi terhadap makanan tersebut.

Reaksi alergi dapat memberikan efek negatif bagi bayi. Tak hanya berupa gangguan pada kulit, bayi bisa saja mengalami muntah dan diare jika tidak cocok pada beberapa makanan tertentu. Apabila pada kali pertama konsumsi bayi menunjukkan reaksi negatif pada satu jenis makanan, maka jangan berikan makanan itu lagi padanya.

  1. Jangan Tambahkan Garam atau Penyedap

Makanan pendamping ASI untuk bayi sebaiknya tidak mengandung garam apalagi bahan penyedap. Hal ini dikarenakan proses pencernaan pada bayi yang belum sempurna. Konsumsi garam yang terlalu dini bisa saja memberikan efek negatif pada kerja ginjal bayi.

Pada saat pemberian makanan pendamping ASI, biarkan bayi mengenal rasa asli dari makanannya. Anda mungkin bisa menambahkan kaldu ayam buatan sendiri untuk memberikan rasa gurih makanan.

  1. Pilih Makanan yang Mudah Didapat

Memberikan makanan pendamping ASI pada bayi merupakan hal yang penting. Namun tidak berarti Anda harus menggunakan bahan makanan yang sulit didapat misalnya. Jika ingin membuat makanan pendamping ASI sendiri, Anda bisa memanfaatkan sayuran yang ada di lingkungan sekitar Anda.

Membeli makanan olahan sebagai pendamping ASI juga bisa menjadi pilihan. Pastikan makanan tersebut memiliki kandungan gizi yang cukup dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya. Anda bisa membeli makanan bayi olahan melalui orami.co.id. Gunakan voucher promo 11 11 yang akan memberikan diskon 50% untuk kebutuhan bayi Anda.

  1. Terjadi Peningkatan Berat Badan Bayi

Salah satu tanda bahwa makanan pendamping yang dikonsumsi cocok untuk bayi adalah adanya peningkatan berat badan. Pemberian makanan pendamping ASI yang Anda lakukan berhasil jika bayi mengalami pertumbuhan berat badan.

Pastikan juga makanan yang diberikan disukai oleh si kecil. Jika ia melakukan gestur menolak, jangan paksa untuk terus memakannya. Pemaksaan hanya akan membuat bayi trauma aktivitas makan.

Itulah tips bagi Anda yang ingin memilih makanan pendamping ASI untuk bayi Anda. Anda bisa membeli makanan olahan untuk bayi juga berbagai perlengkapan lainnya di orami.co.id. Promo 11 11 yang diadakan pada tanggal 11 November 2018 akan memberikan diskon hingga lebih dari 50% untuk semua kebutuhan Anda dan si kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *